Categories
Tutorial

Cara Memindahkan WordPress Lama ke Self Hosted

Cara Memindahkan WordPress Lama ke Self Hosted —  Kali ini saya akan menjelaskan bagaimana Cara Memindahkan WordPress Lama ke Self Hosted. WordPress lama yang saya maksudkan disini adalah WordPress versi gratis alias WordPress yang masih bersub-domain *(dot)wordpress(dot)com. Dengan WordPress Self Hosted, tentunya blog kalian akan terlihat lebih professional karena langsung menggunakan Top Level Domain atau TLD seperti .com, .net, dan sejenisnya.

cara memindahkan wordpress lama ke self hosted
Gambar 1.

Selain itu, banyak keuntungan yang didapatkan dengan mempunyai WordPress Self Hosted dari pada menggunakan WordPress versi Free. Tapi, yang akan saya bahas disini adalah bagaimana Cara Memindahkan WordPress Lama ke Self Hosted. Sebelum saya melanjutkan ke tahap berikutnya, pastikan kalian sudah memiliki nama domain Top Level Domain (TLD) dan sebuah Hosting. Jadi, saya asumsikan bahwa kalian sudah memilki TLD seperti namablog.com  dan sebuah hosting.

Hal pertama yang harus dilakukan adalah menginstall WordPress di domain TLD kalian melalui cPanel.

Baca juga:  Cara Install WordPress di Self Hosting

Setelah menginstall WordPress di domain TLD, sekarang waktunya masuk ke halaman utama WordPress lama kalian di namablog.wordpress.com/wp-admin/.

Screenshot (128)
Gambar 2.

Kemudian, arahkan pointer mouse kalian ke side-bar di sebelah kiri pada bagian Tools, lalu akan ada beberapa pilihan yang muncul dan pilihlah Export.

Gambar 3.

Kalian akan diarahkan ke 2 pilihan Export, pilihlah yang tidak berbayar dan klik Start Export.

Gambar 4.

Setelah itu, kalian akan dihadapkan dengan pilihan konten apa saja yang dapat kalian Export. Dalam hal ini, pilihlah All Content dan klik Download Export File. Lalu, file kalian akan otomatis ter-download dan tersimpan di dalam direktori folder download kalian.

Gambar 5.

Sekarang, waktunya pindah ke WordPress Self Hosted kalian. Setelah masuk ke halaman dashboard di namablog.com/wp-admin/, caranya hampir sama dengan ketika export, arahkan pointer mouse kalian ke side-bar di sebelah kiri pada bagian Tools dan pilih Import.

Gambar 6.

Lalu, kalian akan diarahkan untuk memilih file yang akan kita Import, jadi pilihlah WordPress, karena dalam hal ini kita akan meng-import dari WordPress. Kemudian cari file dari hasil Export tadi di direktori folder Download kalian.

Gambar 7.

Setelah itu, upload file kalian yang sudah ter-download saat meng-export tadi, kemudian klik upload file and import.

Catatan
Apabila kalian diminta untuk menginstall plugin WordPress Importer terlebih dahulu, silahkan install saja, lalu jangan lupa untuk langsung diaktifkan.

Apabila semua tahap sudah selesai, sekarang waktunya kembali lagi ke WordPress lama kalian. Dalam tahap kali ini, kita akan membuat WordPress lama kalian menjadi private. Hal ini bertujuan untuk menutup akses ke dalam WordPress lama kalian agar tidak terjadi bentrok dengan WordPress yang Self Hosted. Ini juga bertujuan agar pengunjung blog kalian segera beralih ke website WordPress Self Hosted.

Gambar 8.

Caranya, masuk ke Dashboard WordPress gratis kalian, klik Settings di side-bar dan pilih reading. Pada bagian Site Visibility pilihlah pilihan “I would like my site to be private, visible only to myself and users I choose”. Lalu klik Save Changes.

Apabila kalian mau mengeluarkan sedikit biaya untuk benar-benar mengarahkan pengunjung lama WordPress Free kalian ke WordPress Self Hosted, kalian bisa membuat Site Redirect dengan harga $13/tahun. Jadi apabila masih ada yang mengunjungi WordPress lama kalian, akan langsung otomatis diarahkan ke domain WordPress Self Hosted kalian. Untuk lebih lengkapnya, silahkan kunjungi Store yang ada di side-bar Dashboard WordPress lama kalian.

Kurang lebihnya, seperti itulah Cara Memindahkan WordPress Lama ke Self Hosted. Apabila ada yang kurang jelas, silahkan tanyakan melalui komentar di akhir artikel.

Terima kasih.

Semoga bermanfaat.



By Fadhlillah Ariefianto

Mahasiswa Sistem Informasi dari Universitas Gunadarma angkatan 2014. Juga mengelola dan menulis beberapa situs lainnya.
http://fadliariefianto.com

1 reply on “Cara Memindahkan WordPress Lama ke Self Hosted”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *