Imagine Cup 2016 Roadshow – Universitas Gunadarma

Imagine Cup 2016 Roadshow – Universitas Gunadarma

Setelah sebelumnya hanya melihat kunjungan Microsoft Indonesia tentang Imagine Cup Roadshow di beberapa kampus di Indonesia, akhirnya Microsoft Indonesia tiba juga di Universitas Gunadarma. Imagine Cup Roadshow Universitas Gunadarma diadakan pada tanggal 14 Januari 2016, tepatnya di Kampus D Universitas Gunadarma, Depok.

Saya sampai di depan ruangan sekitar jam 14.00, dan ternyata proses registrasi ulang pun belum dimulai. Tetapi disana terlihat beberapa mahasiswa lain yang sudah lebih dulu hadir. Mereka sedang duduk-duduk dipinggir yang juga sudah menunggu dan sudah siap untuk mengikuti acara Microsoft ini. Oh ya, saya mengikuti acara ini hanya dengan dua teman saya, karena pada saat itu masih diadakan jam perkuliahan.

Setelah kurang lebih 15-20 menit menunggu, akhirnya proses registrasi pun dimulai. Setelah kami menanda-tangani daftar hadir dan mendapatkan sekotak makanan ringan, kami langsung memasuki ruangan dan duduk di 3 baris paling depan. Sekitar pukul 15.30, akhirnya acara ini pun dibuka oleh pembawa acara.

Sebelum masuk ke materi inti, pihak Universitas Gunadarma memberikan sedikit sambutan singkat (saya tidak begitu ingat  saat itu diwakilkan oleh siapa :D). Setelah itu, pembahasan tentang Imagine Cup pun dimulai. Materi ini disampaikan langsung oleh kak Yugie Nugraha selaku Technical Evangelist Microsoft Indonesia.

imagine cup roadshow 2016 universitas gunadarma

Gambar 1.

Apa itu Imagine Cup?”

Imagine Cup adalah suatu kompetisi teknologi untuk mahasiswa aktif di seluruh dunia yang diadakan oleh Microsoft. Kompetisi ini bertujuan untuk menciptakan inovasi-inovasi terbaru di bidang teknologi khususnya yang menggunakan teknologi Microsoft. Selain menciptakan produk inovasi, pastinya ini juga menjadi kesempatan untuk semua mahasiswa khususnya dibidang IT untuk dapat menyalurkan kreativitas, passion dan semua pengetahuan mereka untuk menciptakan sebuah produk teknologi terbaru. Imagine Cup 2016 nanti adalah Imagine Cup ke-12 yang telah dilaksanakan selama ini.

Gambar 2.

Dalam Imagine Cup, terdapat 3 kategori yang diperlombakan diantaranya adalah Games, Innovation dan World Citizenship. Untuk kategori Games, tidak perlu dijelaskan lagi, karena saya rasa semua pasti sudah mengerti apa yang diperlombakan. 😀 Dan untuk kategori Games sendiri, 50% dari kriteria penilaiannya adalah “Fun”. Yaa tentu saja games bertujuan untuk menyenangkan bukan?  “Buat apa kita main games kalo malah jadi beban.”, kata kak Yugie Nugraha. 😀

Gambar 3.

Selanjutnya kategori Innovation. Sudah jelas dari kalimatnya, tentunya kompetisi ini mencari produk-produk inovasi yang dapat digunakan seluruh manusia untuk mempermudah pekerjaan mereka. Seperti Facebook dan Twitter yang awalnya hanya sebuah “tugas dari kampus”, hingga sampai saat ini sudah memiliki jutaan pengguna aktif dari media social tersebut. Berdasarkan kriteria penilaian, “Inovasi” adalah penilaian terbesar untuk kategori ini – seperti namanya.

Gambar 4.

Terakhir kategori World Citizenship. Kita tahu pada saat ini terdapat permasalahan global di seluruh dunia, seperti permasalahan kesehatan, pendidikan, dan lain-lain, atau bahkan permasalahan di lingkungan sekitar kalian. Microsoft – melalui Imagine Cup, menantang seluruh mahasiswa di dunia untuk dapat membantu dan berperan dalam menyelesaikan permasalahan-permasalahan tersebut melalui sebuah aplikasi ataupun website. Berdasarkan kriteria penilaian, “Impact” adalah penilaian utama. Karena sebuah aplikasi yang kita buat harus bisa berdampak besar untuk dapat menyelesaikan permasalahan yang ada. Carilah sebuah permasalahan, temukan cara penyelesaiannya, kemudian buatlah aplikasinya.

Baca juga:  Seminar Nasional: “Being Smart with Smart City”

“Kenapa Microsoft mengadakan Imagine Cup?”

Selain bertujuan untuk menciptakan produk inovasi terbaru dan mencari bakat-bakat mahasiswa di seluruh dunia, tentu saja Microsoft memberikan kesempatan besar untuk tim-tim yang ikut serta dalam Imagine Cup di setiap negara, apalagi disaat World Final nanti. Karena beberapa diantaranya adalah, tidak sedikit investor yang datang untuk menyaksikan dan menginvestasikan uangnya pada produk-produk teknologi karya para finalist Imagine Cup ini agar mereka dapat mengembangkan hasil dari karya buatan mereka.

Selain itu, untuk setiap pemenang dari masing-masing kategori mendapatkan hadiah uang tunai sebesar 50.000 USD. Menarik bukan? 😀

Dan dengan mengikuti Imagine Cup ini, kita diharapkan dapat menjadi pribadi yang “Siap Terap”. Karena disini, selain kita berkompetisi dalam beberapa kategori yang dilombakan, kita juga dilatih untuk siap memimpin dan dipimpin, belajar untuk bertanggung jawab terhadap pekerjaan, bertanggung jawab terhadap waktu, dan tentunya belajar untuk mencapai target yang telah ditentukan.

“Apa syarat untuk mengikuti Imagine Cup ini?”

Imagine Cup dapat diikuti oleh semua mahasiswa yang berstatus aktif (saat Imagine Cup diadakan), diatas 16 tahun, dan mempunyai tim yang terdiri dari 4 orang (boleh berbeda jurusan ataupun berbeda kampus) dan 1 mentor.

“Bagaimana teknis pelaksanaannya?”

Kalian hanya perlu membuat suatu aplikasi untuk salah satu kategori atau bahkan seluruh kategori dengan ketentuan masing-masing satu aplikasi untuk setiap kategori. Dan kalian hanya perlu membuat “Video Review” semenarik mungkin dengan durasi maksimal 10 menit. Kemudian kalian cukup mendaftar di website Imagine Cup dan upload video tersebut di Youtube dan mengirimkan link videonya ke dalam website Imagine Cup. Tapi ingat, jangan lupa mendaftar dan submit link video kalian sebelum batas waktu yang telah ditentukan. Gampang kan?  😀

“Bagaimana caranya mendaftar Imagine Cup?”

Sebelumnya, pastikan kalian sudah mempunyai akun email Microsoft. Jika belum, segeralah buat disini.

Pertama-tama, kalian cukup mendaftar untuk tingkat nasional via website resmi Imagine Cup. Setelah itu, pastikan kalian telah mempunyai sebuah tim dengan ketentuan maksimal 4 orang. Kemudian, tentukan dan pastikan kategori apa yang akan kalian ikuti. Lalu, buatlah sebuah aplikasi sebagus, sekreatif, dan seinovatif mungkin. Jangan lupa untuk memperhatikan point terbesar dalam kriteria penilaian. Misalkan untuk kategori Games, buatlah aplikasi se-menyenangkan mungkin, agar dapat lolos saat seleksi untuk mengikuti tingkat nasional.

Baca juga:  35 Finalis Dunia Imagine Cup 2016

Setelah aplikasi kalian sudah selesai, buatlah Video Review nya dan di upload di Youtube. Kemudian, submit link video kalian di dalam kategori yang akan kalian ikuti. Setelah itu, kalian hanya perlu menunggu dan memantau perkembangan pelaksanaan Imagine Cup untuk tingkat nasional. Karena, seperti tahun sebelumnya, pihak Microsoft selalu memberitakan apabila ada video yang bermasalah, seperti tidak bisa diputar, tidak ada suaranya, url tidak bisa diakses, dan lain-lain. Apabila aplikasi kalian lolos, kalian akan melanjutkan ke seleksi tahap semifinal nasional.

Gambar 5.

Setelah itu kalian akan diberikan jadwal untuk melakukan presentasi dihadapan juri-juri dari Microsoft dan beberapa juri-juri pilihan lainnya. Disini kalian diberikan kesempatan untuk menjelaskan secara detail tujuan, manfaat, fungsi, dan lain-lain dari aplikasi yang kalian buat. Semifinal ini merupakan acara tertutup, karena hanya akan ada tim semifinalis, juri, panitia dan tamu undangan dari Microsoft. Pada tahap ini, tim semifinalis sudah harus menyelesaikan minimal 70% aplikasinya, dan membawa aplikasi tersebut untuk didemokan di hadapan juri dan dapat dimainkan atau dicoba langsung oleh juri.

Tiga tim terbaik dari masing-masing kategori akan mengikuti tahap final Indonesia. Dan untuk tahap final nanti, seperti tahun sebelumnya, akan diadakan secara terbuka, tidak seperti tahap sebelumnya. Acara final Imagine Cup 2016 Indonesia ini akan dihadiri oleh para pelajar, akademisi, media, pengunjung setempat, Microsoft dan tamu undangan. Pada tahap ini, tim finalis sudah harus menyelesaikan minimal 90% aplikasinya, dan membawa aplikasi tersebut untuk didemokan atau dicoba langsung oleh para juri dan para pengunjung. Setiap tim finalis akan diminta merancang dan mempersiapkan booth untuk menunjukkan aplikasinya pada pengunjung dan juri. Satu tim terbaik dari masing-masing kategori akan dipilih berdasarkan penilaian juri untuk menjadi World Semifinalist, jadi total akan ada 3 tim yang terpilih mengikuti World Semifinal.

Setelah kalian terpilih menjadi pemenang, pastinya kalian akan mendapatkan hadiah berupa device dan uang tunai dari Microsoft. Dan pemenang Imagine Cup 2016 Indonesia juga berkesempatan untuk mewakili Indonesia dalam Imagine Cup 2016 World Final di Seattle, Amerika Serikat. Dan tentunya kalian akan dibantu oleh pihak Microsoft untuk mempersiapkan Video Review untuk di submit agar dapat melanjutkan ke tahap Worldwide Final. Bagi tim yang lolos, semua akomodasi dari Indonesia ke tempat diadakannya Worldwide Final nanti, akan ditanggung sepenuhnya oleh Microsoft. Kapan lagi kan jalan-jalan keluar negeri secara gratis ? 😀

Gambar 6.

Tips dan Trick

Baca juga:  Microsoft Dreamspark untuk Mahasiswa (Dreamspark sekarang menjadi Microsoft Imagine)

Terakhir, tentunya kak Yugie disini bukan hanya sekedar menantang para mahasiswa yang hadir, tapi juga ikut memberikan Tips dan Trik untuk yang berminat mengikuti Imagine Cup 2016 ini.

Pertama, tentang komposisi sebuah tim yang baik. Team Leader, tentunya dalam sebuah tim diperlukan sosok yang dapat memimpin dan mengarahkan rekan-rekannya dengan baik. “Hardcore” Developer, ini diartikan sebagai “si jago coding” dengan skill “mumpuni”, karena tentunya kemampuannya sangat diperlukan. “Banyak programmer handal saat membuat games (contohnya), mempunyai Game Logic yang keren. Tapi kebanyakan dari mereka objek utamanya kalo gak kotak ya bulet.”, kata kak Yugie. Jadi, dalam sebuah tim ini, pastinya sangat diperlukan seorang Designer/Animator agar dapat membuat sebuah karakter yang lebih hidup. Dan terakhir, karena saat presentasi diwajibkan berbahasa inggris, tentunya disini sangat diperlukan peran besar seorang Speaker/Presenter. Kalo kata kak Yugie, “Buat apa kita bikin games bagus dengan game logic yang keren dan objek menarik, tapi pada saat kita mempresentasikan aplikasi nya, kita malah grogi, gak PD dan bahasa inggris nya belepotan ?”. Tentunya seorang Speaker/Presenter disini harus bisa lancar berbahasa inggris dan cukup percaya diri, supaya pesan dari aplikasi tersebut tersampaikan dengan baik.

Kedua, maksimalkan “Review” terhadap aplikasi kalian di 2 menit pertama. Jangan lupa berikan Random Survey pada orang-orang yang tidak kalian kenal untuk mencoba aplikasi kalian dan meminta kritik dan saran dari mereka.

 

Mungkin sampai disitu saja rangkuman saya dari penjelasan Imagine Cup 2016 Roadshow di Universitas Gunadarma, yang disampaikan langsung oleh kak Yugie Nugraha. Jadi, tertarikkah kalian untuk mendaftar Imagine Cup 2016 ini ? 😀

Untuk syarat dan ketentuan lengkap Imagine Cup 2016, silahkan klik disini.

Gambar 7.

Gambar 8.

Refrensi Tambahan:

https://www.imaginecup.com/country/details/id (Diakses pada bulan Januari 2016)

https://blogs.msdn.microsoft.com/indonesia (Diakses pada bulan Januari 2016)

https://www.imaginecup.com (Diakses pada bulan Januari 2016)

Gambar disediakan oleh Google Images.



Leave a Reply

Copyright © 2018 F. Blogs
Proudly powered by WordPress | Theme by WPCRUMBS.
Archives - Terms of Use - Privacy Policy - Disclaimer - Sitemap - Contact