Tutorial: Membuat Web App dengan Microsoft Azure – Bagian 1

Tutorial: Membuat Web App dengan Microsoft Azure – Bagian 1

Dalam kesempatan kali ini, saya akan menjelaskan bagaimana cara membuat Web App dengan Microsoft Azure. Tutorial ini akan saya buat menjadi 2 bagian. Yang pertama, saya akan membahas pembuatan web app untuk landing page sederhana. Terakhir, saya akan menjelaskan bagaimana cara menginstall WordPress di Microsoft Azure.

Sebelumnya, pastikan kalian telah memiliki akun Microsoft Azure dengan subscription apapun. Untuk teman-teman mahasiswa, kalian bisa memanfaatkan Microsoft Dreamspark untuk mendapatkan layanan Microsoft Azure secara gratis. (baca juga: Microsoft Dreamspark untuk Mahasiswa). Pastikan juga kalian telah memiliki aplikasi tambahan yaitu FileZilla yang bisa dicari dengan mudah melalui google.

Berikut langkah-langkah membuat Web App di dalam Microsoft Azure:

  1. Saya asumsikan kalian telah memiliki Azure Subscription. Jadi, silahkan masuk ke Portal Azure dengan menggunakan email yang telah terdaftar dalam subscription.
  2. Setelah masuk ke Dashboard Azure, silahkan pilih New -> Web + Mobile -> Web App.
    Tutorial: Membuat Web App dengan Microsoft Azure – Bagian 1

    Gambar 1.

  3. Lalu, kalian akan di arahkan ke Web App Configuration. Isilah nama App Name kalian yang nantinya akan menjadi url website kalian dengan sub-domain azurewebsite(dot)net.
  4. Setelah selesai, klik App Service plan/Location -> Create New. Isikan App Service Plan dengan SoutheastAsia dan pilih Location Southeast Asia.
    Screenshot (38)

    Gambar 2.

  5. Kemudian, pilih Pricing Tier -> Pilih F1 Free -> klik Select -> Klik OK. Kemudian klik Create.
    Screenshot (39)

    Gambar 3.

  6. Tunggu beberapa saat hingga proses deploying selesai dan ter-pin ke Dashboard kalian.
    Gambar.

    Gambar 4.

  7. Untuk memulai service, silahkan klik Web App kalian yang ada di Dashboard, sehingga muncul seperti tampilan di bawah. Kalian bisa membuka website kalian untuk melihat apakah web app kalian sudah berhasil dibuat. Jika sudah, akan ada tulisan “This web app has been successfully created”.
    Gambar.

    Gambar 5.

  8. Sebelum kalian publish kode html nya, kalian harus reset Deployment Credentials nya. Dengan cara klik All Setting -> cari Deployment Credentials dan klik.
    Screenshot (43)

    Gambar 6.

  9. Buatlah username kalian, saya sarankan menggunakan nama Web App kalian agar mudah diingat. Kemudian, buatlah password sesuai keinginan -> klik Save.
  10. Setelah Web App kalian telah siap, sekarang kalian buka aplikasi FileZilla. FileZilla disini berfungsi untuk mengakses direktori website agar kalian dapat mengupload script html yang telah kalian buat.
  11. Pertama, kalian harus menghubungkan FileZilla kalian dengan direktori Web App yang telah kalian buat. Klik Ctrl + S atau File -> Site Manager. Klik New Site dan beri nama Azure atau sesuai dengan keinginan kalian.
    Capture

    Gambar 7.

  12. Kemudian, isikan Host dengan FTP hostname kalian dan Username kalian dengan FTP/Deployment Username kalian. Lalu, isilah password sesuai dengan yang tadi kalian buat saat reset Deployment Credentials. Klik Connect -> OK.
    Gambar.

    Gambar 8.

  13. Tunggu beberapa saat sampai kalian melihat direktori Web App kalian terlihat yang berisi folder LogFiles dan Site. Dan di folder site inilah script website kalian diletakkan.
    Gambar.

    Gambar 9.

  14. Klik Site -> wwwroot. Bisa kalian lihat file hostingstart.html, itu adalah halaman awal saat kalian membuka website kalian tadi.
    Gambar.

    Gambar 10.

  15. Sekarang kalian hanya perlu drag n drop script kalian dari direktori di dalam pc kalian ke dalam direktori wwwroot tadi dan diberi nama indeks.html agar website tersebut mau membaca script kalian. Kemudian hapus script hostingstart.html tadi agar script kalian bisa berjalan. Kemudian klik F5 untuk me-refresh­ FileZilla kalian.
    Gambar.

    Gambar 11.

  16. Terakhir, silahkan buka url wesbite kalian dan bisa terlihat script html kalian telah berhasil berjalan.

    Gambar 12.

Itulah cara membuat Web App menggunakan Microsoft Azure. Semoga tutorial ini dapat dipahami oleh kalian dengan mudah. Apabila ada pertanyaan, silahkan isi melalui komentar atau melalui email. Nantikan tulisan saya berikutnya yang akan membahas cara menginstall WordPress pada Microsoft Azure.

Baca juga:  Tutorial: Membuat Web App dengan Microsoft Azure – Bagian 2

Web App yang telah dibuat bisa di lihat disini.

 

Semoga bermanfaat.

Selamat mencoba.



Leave a Reply

Copyright © 2018 F. Blogs
Proudly powered by WordPress | Theme by WPCRUMBS.
Archives - Terms of Use - Privacy Policy - Disclaimer - Sitemap - Contact